Gerhana Matahari Cincin 15 January

Posted: Januari 13, 2010 in Cargo Udara & Kurir

Tanggal 15 January 2010 terjadi gerhana matahari yang kebetulan melewati Indonesia. Gerhana ini bukan gerhana matahari total, tetapi gerhana matahari cincin. Namun gerhana kali ini dapat dinikmati oleh merke yang tinggal di Sumatra, Jawa Barat- Jawa Tengah dan Kalimantan.

Pandangan gerhana optimum hanya terlihat di Srilangka dan China.

Nah supaya tidak ketinggalan untuk menikmati gerhana ini silahkan simak kapan kita dapat menikmatinya. Silahkan download disini :

Tabel Waktu Gerhana Matahari 15 Januari 2010 di kabupaten di Indonesia [dari Muhammadiyah.com]

Seperti yang disarankan oleh Muhammadiyah untuk menyelenggarakan Sholat gerhana pada waktu kejadian fenomena ini.

Bagaimana gerhana matahari itu terjadi ?

Eclipses_solares.en[2]Gerhana matahari itu terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan.

Disebelah kanan ini grafis yang memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari. Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutup sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah (A), dan gerhana sebagian di pinggir (A). Sedangkan pada saat bulan agak lebih jauh, maka bulan akan berada ditengah cahaya matahari yang menyebabkan gerhana matahari cincin di bagian tengah (B), dan terlihat gerhana sebagian di pinggirannya (C).

Gerhana hari Jumat besok merupakan gerhana anular (gerhana matahari cincin). Gerhana matahari cincin terjadi saat Bulan berada jauh dari bumi sehingga piringannya terlihat kecil dan tidak dapat menutupi seluruh piringan matahari. Piringan matahari yang tertutup oleh piringan Bulan hanya bagian tengahnya saja, sehingga bagian pinggir matahari tidak tertutup. Oleh karena itu piringan matahari akan terlihat dari muka bumi seperti lingkaran cincin yang bercahaya. Pada tanggal 15 Januari 2010 akan terlihat seperti gambar kanan, tetapi di Indonesia hanya teramati pinggirannya saja seperti gambar C.

Peristiwa gerhana memang saat ini mudah sekali diramalkan karena pengetahuan astronomi sudah sangat berkembang serta alat-alat pengukuran dan pengamatannyapun sudah semakin canggih.

Peta sabuk lintasan gerhana 15 Januari 2010

Jangan lupa kalau ingin melihat langsung gerhana matahari lihatlah petunjuknya.

Melihat Gerhana Matahari

Karena banyak yang pingin lihat gerhana, berikut salah satu petunjuk melihat gerhana matahari cincin dengan aman.

Yang aman hanyalah kalau melihat gerhana ketika gerhana matahari total (GMT). Jadi sebenernya melihat gerhana langsung dengan mata telanjang jelas tidak aman. Apalagi ketika GMC, walaupun penutupannya 90% cahaya sunar matahari masih akan membahayakan mata apabila terlalu lama.

Dibawah ini beberapa cara untuk melihat atau mengamati GMC tersebut.

14hood1

Alat pelindung mengelas, Alat yang paling aman untuk mengamati matahari

Yang pang aman memang menggunakan alat kacamata LAS.

Bisa berupa kacamata yang berupa kacamata biasa maupun yang seperti digambar sebelah ini .

Dibawah ini cara membuat alat untuk memproyeksikan matahari sehingga bisa diamati ketika matahari tertutup sebagian oleh bulan.

melihat_gerhana_1

melihat_gerhana_2<

>Cara mengamati proyeksi matahari

Dapat juga menggunakan cara lain dibawah ini :

melihat_gerhana_4Seandainya tidak memiliki waktu, amati saja nanti bayang-bayang matahari dibawah pohon. Mungkin kamu akan takjub melihatnya. Mungkin seperti disebelah ini.

Yang perlu diingat adalah jangan melihat matahari langsung !! . Walaupun mungkin penutupannya sudah maksimum, usahakan jangan terlalu lama dan perlu istirahat dulu sebelum mengamati lagi.

Walaupun hanya 1% permukaan matahari yang terlihat dari bumi, kekuatan cahayanya sama dengan 10 000 kali bulan purnama !. Bayangkan ada sepuluh ribu bulan purnama menyinari bumi ! Tentusaja 1% sudah sangat terang dan mampu membutakan mata. PAdahal nantinya permukaan matahari hanya tertutup hingga maksimum

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur dibawah ini.

gmt_9maret2016Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti.

Nah pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya lokal. Dan yang paling penting promosi wisata yang dukung oleh pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s