Air Cargo

Posted: Januari 14, 2010 in Cargo Udara & Kurir

Air Cargo atau disebut juga Barang, adalah segala sesuatu yang diangkut atau akan diangkut dalam sebuah pesawat udara, kecuali :

  • Pos atau barang lainnya yang diangkut sesuai dengan ketentuan Konvensi Pos Internasional.
  • Bagasi yang dibawa penumpang sesuai tiket penumpang.
  • Unaccompanied baggage atau bagasi yang dikirim menggunakan AWB adalah cargo.

Pada prinsipnya Airlines hanya menerima cargo dalam kondisi siap untuk diangkut atau “ready for carriage“. Siap untuk diangkut yang berarti cargo sudah dipacking dengan dokumen yang lengkap sesuai dengan ketentuan  Airlines, IATA, dan Negara tempat pemberangkatan maupun tujuan. Hal ini yang menyebabkan lebih banyak cargo melalui agen cargo daripada perorangan.

Cargo dalam dunia penerbangan (IATA) dapat dikategorikan berdasarkan jenis penanganannya :

  • General Cargo, cargo yang tidak memerlukan penanganan khusus.
  • Special Shipment, adalah cargo yang memerlukan penanganan khusus, seperti perishable cargo, live animal, dangerous goods, valuable cargo, news material, dll.
  • Special Cargo Products, adalah produk seperti express cargo, courier servive, same day delivery, dsbnya.

Istilah-Istilah Cargo Handling:

  • Dangerous Goods :Suatu aturan tentang proses pelayanan terhadap barang-barang berbahaya, barang mudah terbakar, mudah meledak, mengandung magnet dan barang-barang yang bereaksi akibat perubahan temperature dan sebagainya yang diatur dalam IATA Dangerous Goods Regulations serta mengacu kepada ICAO Annex-18.
  • Outgoing Cargo : Suatu kegiatan yang dimulai dari cargo acceptance, cargo processing hingga cargo present dan berakhir pada cargo loading.
  • Incoming Cargo : Suatu kegiatan penerimaan cargo yang dimulai dari cargo offloading (cargo unloading) yang diproses sesuai aturan berlaku baik secara teknis administrasi yang diperlukan oleh Customs.
  • Transit Cargo : Proses kegiatan terhadap cargo yang di angkut lanjut ke tempat tujuan baik pada hari yang sama atau disimpan dahulu dalam gudang transit berhubung pesawat udara pada hari itu tidak ada atau berhubungan dengan no-space pada hari yang sama.
  • Loading & Unloading : Kegiatan bongkar muat barang-barang (bagasi, cargo, dan mail), dari dan ke dalam pesawat udara (cargo compartment) yang harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh loadsheet maker (weight and balance) untuk mendapatkan central of gravity (CG) titik keseimbangan pesawat.
  • Ground Support Equipment : Merupakan alat-alat pendukung yang berupa alat untuk dipergunakan loading & unloading maupun alat yang diperlukan oleh suatu pesawat udara selama berada di darat (apron) on the ground.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s