Teh Hijau Kurangi Risiko Kanker Paru-Paru

Posted: Januari 16, 2010 in Cargo Udara & Kurir

Teh Hijau

Teh Hijau

ANTIOKSIDAN di dalam teh hijau efektif mengurangi risiko kanker paru-paru pada perokok maupun mereka yang tidak merokok.

Studi yang dilakukan para peneliti dari Chung Shan Medical University di Taichung, Taiwan, menemukan bahwa perokok yang mengonsumsi paling tidak satu cangkir teh hijau per hari berisiko 13 kali lipat lebih rendah mengalami kanker paru-paru dibandingkan perokok yang tidak minum teh hijau. Sedang mereka yang tidak merokok dan minum teh hijau berisiko 5 kali lipat lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau.

“Efek sehat konsumsi teh hijau bisa mengubah risiko kanker paru-paru, khususnya di antara perokok,” terang penulis studi I-Hsin Lin, seperti dikutip situs healthday. Efek perlindungan ini, menurut Lin, berasal dari polifenol (antioksidan) yang terkandung di dalam teh hijau.

Untuk mengukur kekuatan efek teh, peneliti mempelajari asupan diet dan gaya hidup dari 170 pasien kanker paru-paru dan 340 pasien sehat.

Para partisipan diminta melengkapi kuesioner mengenai sejarah merokok, konsumsi teh hijau, asupan buah dan sayur, serta cara memasak. Para pasien juga dimintai keterangan mengenai sejarah kanker paru-paru dalam keluarga mereka. Di samping itu, peneliti juga melakukan tes genetik.

“Hasil studi kami menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau bermanfaat bagi kesehatan,” terang Lin.”Akan tetapi, merokok bisa berperan sebagai pemicu dan pendukung terbentuknya kanker. Jadi, berhenti merokok merupakan cara terbaik mencegah kanker.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Norman Edelman dari American Lung Association. Merokok, tegas Edelman, sangat beracun dan jelas-jelas sangat merusak kesehatan. Tidak ada yang bisa mengubah fakta ini. Jadi, terang dia, pastikan Anda berhenti merokok dan jangan menjadikan efek teh hijau sebagai alasan untuk terus merokok.”Jangan merasa merokok aman sepanjang Anda minum teh hijau.

Komentar
  1. Mona mengatakan:

    Teh Hijau, diwarteg ada ngk Bang….?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s