10 Misteri Peradaban Kuno Yang Hilang

Posted: Maret 2, 2010 in Cargo Udara & Kurir
Tag:,

Sejarah merupakan salah satu faktor yang penting untuk menentukan keberhasilan umat manusia saat ini, namun seiring berjalannya waktu sejarah itu kian terlupakan hingga sebuah peradaban hanya akan berakhir menjadi sebuah mitos saja.  Ada banyak misteri di masa lalu kita yang tua, tapi mungkin ada petunjuk untuk mengetahui masa lalu di seluruh dunia dalam bentuk puing kota, bangunan kuno, hieroglif, karya seni, dan banyak lagi. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan rasa keingintahuan manusia kepada Peradaban Kuno yang hilang maka terciptalah metode – metode baru yang lebih menjamin informasi yang akurat atau setidaknya mendekati sebuah kebenaran.

Berikut ini adalah sepuluh teka – teki yang paling menarik yang sampai saat ini masih merupakan misteri yang menarik untuk saya bahas.

1. Harta Karun Mesir di Grand Canyon

https://i0.wp.com/www.cyberspaceorbit.com/text/IsisTemple.jpg

Pada 5 April 1909 sebuah surat kabar ‘Arizona Gazette’ menampilkan sebuah berjudul “Explorations in Grand Canyon: Remarkable finds indicate ancient people migrated from Orient.” Menurut artikel, ekspedisi ini dibiayai oleh Smithsonian Institute dan menemukan artefak di dalam sebuah gua yang dipahat pada batu oleh tangan manusia, ditemukan juga tablet bantalan hieroglif, senjata tembaga, patung-patung dewa-dewa Mesir dan mumi.

Meskipun sangat menarik, kebenaran cerita ini diragukan hanya karena situs tersebut tidak pernah kembali ditemukan. Apakah artikel itu hanya tipuan? “Meskipun tidak dapat diabaikan bahwa seluruh cerita adalah tipuan surat kabar yang rumit,” begitu kata sorang peneliti David Hatcher Childress.

2. Usia Piramida dan Sphinx

https://i0.wp.com/www.signorile.org/Egypt8.JPG

Kebanyakan Mesir Kuno percaya Sphinx Agung di dataran tinggi Giza berusia sekitar 4.500 tahun. Namun, jumlah tersebut hanya itu – sebuah keyakinan, sebuah teori, bukan fakta. Seperti Robert Bauval mengatakan dalam “The Age of Sphinx,” “tidak ada tulisan dan tak satu pun bukti baik yang diukir di dinding ditulis pada papyrus. Jadi kapan itu dibangun?

John Anthony West menantang usia bahwa usia Piramida dan Sphinx berdasarkan pelapukan vertikal pada dasar, yang hanya bisa disebabkan oleh tetesan air dalam bentuk hujan lebat. Hujan di tengah-tengah padang pasir? Darimana air berasal? Kebetulan wilayah ini mengalami hujan yang lebat sekitar 10.500 tahun yang lalu! Hal ini akan membuat Sphinx lebih dari dua kali tua dari perkiraan awal. Bauval dan Graham Hancock telah menghitung bahwa Piramida Besar juga dibuat sekitar 10.500 SM. Mendahului peradaban Mesir. Hal ini menimbulkan pertanyaan: Siapa yang membangun mereka dan mengapa? yang jelas bukan orang indonesia.

3. Nazca Lines

https://i2.wp.com/www.elfogon.ca/images/nazca_spider.jpg

Nazca Lines atau Garis Nazca yang terkenal dapat ditemukan di padang pasir sekitar 200 kilometer selatan dari Lima, Peru. Di sebuah dataran berukuran sekitar 37 mil dan mempunyai panjang lebar  satu mil yang terukir garis-garis dan angka-angka yang membingungkan dunia ilmiah sejak penemuan mereka pada 1930-an. Merupakan garis-garis lurus sempurna, beberapa sejajar satu sama lain, banyak yang memotong, membuat garis terlihat dari udara seperti landasan pacu bandara kuno. Ini mendorong Erich von Däniken dalam bukunya Chariots of the Gods bahwa mereka benar-benar merupakan landasan pacu hasil karya orang dari luar bumi … seolah-olah mereka akan memerlukan landasan pacu. Lebih menarik adalah 70 tokoh-tokoh raksasa dari beberapa binatang yang diukir ke dalam tanah seperti monyet, laba-laba, burung kolibri.

Yang menjadi teka-teki adalah garis-garis dan angka-angka tersebut skala mereka hanya dapat dikenali dari ketinggian tinggi. (Mereka ditemukan kembali karena kecelakaan di tahun 1930-an oleh seorang pilot pesawat.) Jadi apa artinya? Beberapa orang percaya bahwa mereka memiliki tujuan astronomi, sementara yang lain berpikir bahwa mereka dibuat untuk upacara keagamaan. Teori baru-baru ini menunjukkan garis mengakibatkan sumber-sumber air berharga, tapi tidak ada yang benar-benar tahu.

4. Lokasi Atlantis

http://dcarder.files.wordpress.com/2009/12/lost_city_of_atlantis_map1.jpg

Ada banyak teori mengenai lokasi Atlantis sejati karena ada SPAM dalam kotak e-mail. Kita mendapatkan legenda Atlantis dari Plato yang menulis tentang  tempat yang indah, berteknologi maju dan berukuran sperti benua di Tahun 370 SM, namun deskripsi lokasinya terbatas dan samar-samar. Tentu saja banyak yang menyimpulkan bahwa Atlantis tidak pernah benar-benar ada, tapi hanya sebuah legenda saja. Mereka yang berpikir seperti itu memang telah ada yang mencari bukti atau setidaknya petunjuk di hampir setiap sudut dunia. Edgar Cayce yang terkenal berkata kata sisa-sisa Atlantis akan ditemukan di sekitar Bermuda, dan pada tahun 1969, formasi-formasi geometris batu yang ditemukan dekat Bimini percaya bahwa ramalan Cayce itu benar. Diperkirakan lokasi Atlantis termasuk Antartika, Meksiko, di lepas pantai Inggris, bahkan mungkin di lepas pantai Kuba .

5. Kalender Maya

https://i1.wp.com/quarterbloom.com/blog/wp-content/uploads/2009/11/mayan_calender2_vnm1.jpg

Banyak orang yang takut akan kebenaran Kalender maya ini, mungkin tak menyenangkan jika bencana diperkirakan tahun 2000. Semua resah didasarkan pada penemuan bahwa Maya “Long Count” kalender berakhir pada tanggal yang sesuai dengan kita 21 Desember 2012. Apa artinya ini? Apakah ini akhir dunia akibat beberapa bencana global atau perang? Awal sebuah era baru, Umur baru bagi umat manusia? Ramalan seperti itu memiliki tradisi panjang berlalu begitu saja. Tetapi satu-satunya cara kita akan tahu dengan pasti adalah menunggu dan melihat. Wallahu a’lam.

Akhirnya setelah beberapa hari blog ini kehabisan bandwidth sekarang bisa online kembali, gak nyangka bakalan rame juga blog saya. Oke seperti janji saya untuk menindaklanjuti lanjutan dari 10 Misteri Peradaban Kuno Yang Hilang (Bag.1) inilah lanjutannya

6. Reruntuhan bawah laut Jepang

[japans-underwater-ruins.jpg]

Di lepas pantai selatan di Okinawa, Jepang. Ada struktur-struktur yang sulit dimengerti dan mungkin telah dibangun oleh beberapa peradaban yang hilang.. Orang-orang yang skeptis mengatakan, formasi-formasi itu mungkin berasal dari alam. Kemudian, pada akhir musim panas tahun berikutnya, Frank Joseph menulis dalam sebuah artikel untuk “Atlantis Rising ” penyelam lain di perairan Okinawa terkejut melihat sebuah lengkungan besar atau gerbang indah dari blok batu besar dipasang bersama-sama seperti cara batu prasejarah Inca ditemukan di antara kota-kota di sisi lain dari Samudera Pasifik, di Pegunungan Andes Amerika Selatan. ” Hal ini tampaknya untuk mengkonfirmasi bahwa ini adalah reruntuhan buatan manusia.

Arsitektur mencakup apa yang tampak seperti jalan-jalan beraspal dan persimpangan jalan, formasi-formasi seperti altar yang besar, tangga menuju ke arah alun-alun yang luas dan batu seperti menara yang tinggi . Jika itu merupakan kota, itu akan sangat besar.:

7. Perjalanan ke Amerika

https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/_6pHMT7VifNw/S4r5vroASHI/AAAAAAAAAYQ/56hQ2SyT50I/s320/cristobalcolon.jpg

Kita semua diajarkan bahwa Columbuslah yang menemukan Amerika,  apa maksud mereka  untuk mengajari kita, bagaimanapun, Columbus adalah orang Eropa pertama yang resmi invasi Amerika. Orang-orang telah “menemukan” benua amerika jauh sebelum Columbus, tentu saja apa yang dikenal sebagai penduduk asli Amerika tiba di sini berabad-abad sebelum Columbus, dan ada bukti kuat bahwa penjelajah dari peradaban lain mengalahkan Columbus. Diakui secara luas bahwa Leif Ericsson berhasil berlayar ke Amerika Utara pada tahun 1000. Dan telah ditemukan artefak yang menunjukkan bahwa peradaban kuno telah menjelajahi benua. Koin Yunani dan Romawi dan tembikar telah ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko. Patung-patung orange  Mesir seperti Osis dan Isiris telah ditemukan di Meksiko.

8. Kota yang tenggelam di Kuba

Pada Mei 2001, sebuah penemuan menarik yang dibuat oleh Advanced Digital Communications (ADC), sebuah perusahaan Kanada yang memetakan dasar laut perairan Kuba. Pembacaan sonar mengungkapkan sesuatu yang tidak terduga dan cukup mengagumkan 2.200 kaki di bawah laut. Ada batu yang disusun dalam pola geometris yang tampak sangat mirip reruntuhan sebuah kota. “Apa yang kita lihat di sini adalah sebuah misteri,” kata Paul Weinzweig, dari ADC. “Alam tidak bisa membangun sesuatu yang begitu simetris. Ini tidak wajar, tetapi kita tidak tahu apa itu.” kota yang tenggelam? Atlantis, adalah perkiraan dari kebanyakan orang. National Geographic menunjukkan perhatian yang besar di internet dan secara langsung ikut terlibat dalam penelitian tersebut. Pada tahun 2003, sebuah minisub turun untuk menjelajahi struktur. Paulina Zelitsky dari ADC mengatakan mereka melihat sebuah struktur yang  terlihat seperti itu bisa saja itu pusatkebudayaan yang besar. Namun, tentang kebenarannya tidak dapat dipertanggung jawabkan sebelum kita memiliki bukti.

9. Mu atau Lemuria

[2579lemuria.jpg]

Hampir sama terkenalnya dengan Atlantis adalah hilangnya dunia Mu yang legendaris, kadang-kadang disebut Lemuria. Menurut legenda di antara banyak pulau-pulau di Pasifik, Mu adalah sebuah tempat seperti surga tropis yang terletak di suatu tempat di Pasifik yang tenggelam, bersama dengan semua penghuninya ribuan tahun yang lalu. Seperti Atlantis, ada pertentangan yang sedang berlangsung, apakah itu benar-benar ada dan jika ada, di mana? Elena Petrovna Madame Blavatsky, pendiri gerakan Theosophy di tahun 1800-an, percaya itu ada di Samudera Hindia.

10. Piramida bawah laut di Karibia

Salah satu kisah yang paling menarik dari penemuan puing-puing peradaban yang hilang adalah cerita tentang Dr Ray Brown. Pada tahun 1970, saat menyelam di dekat Kepulauan Bari di Bahama, Dr Brown mengklaim telah menemukan sebuah piramida “bersinar seperti cermin” bahwa ia diperkirakan berada 120 meter di bawah permukaan laut, meskipun ia hanya bisa melihat bagian atas. Piramida ini memiliki batu penjuru berwarna dan dikelilingi oleh puing-puing bangunan lainnya. Ia berenang ke sebuah ruangan dan menemukan sebuah kristal yang dipegang oleh dua tangan yang terbuat dari logam. Kristal tergantung di atas batang kuningan dari tengah langit-langit, di ujung yang multifaset merah semacam permata. Brown mengatakan dia mengambil kristal, yang diduga telah aneh dan mempunyai kekuatan mistik.

dikutip dari : http://www.idebagusku.com

Komentar
  1. aditkus mengatakan:

    nice inpoh nih, banyak yang disebutkan diatas tidak semua orang tau karena pada umunya orang2 tahu dari buku teks yang umum saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s