Warehouse Manajemen System

Posted: Maret 11, 2010 in Cargo Udara & Kurir
Tag:,

Dalam teori pergudangan atau sering disebut sebagai Warehousing Management System (WMS), istilah yang paling jamak digunakan adalah FIFO (first in – first out) dan LIFO (last in – first out).

FIFO (first in – first out) sering diartikan bahwa barang atau material yang pertama kali masuk ke gudang harus yang pertama kali keluar. Begitu pula sebaliknya dengan LIFO (last in – first out), berarti bahwa yang terakhir kali masuk justru harus pertama kali keluar.

Dari kedua konsep tersebut diatas, biasanya konsep yang paling banyak digunakan adalah FIFO (first in – first out), wajar saja yang pertama kali antri pastinya yang harus pertama dilayani.

Tapi bagaimana jika produk yang dimaksud berupa bahan bahan bangunan, seperti “Pasir” yang hanya di onggokkan di suatu tempat ? Tidak mungkin kita mengambil bagian bawahnya terlebih dahulu bukan ? Sehingga, yang pertama kali dikeluarkan pasti bagian atas.

Hal yang berbeda terjadi untuk produk-produk makanan, minuman, obat-obatan, alat kesehatan ataupun produk-produk lain yang memiliki masa kadaluarsa (expired date).

Walau pada dasarnya menggunakan konsep FIFO, tapi ketika produk tersebut mengalami perpindahan gudang yang cukup sering bahkan bisa terjadi bolak-balik keluar masuk gudang yang sama maka tidak menutup kemungkinan produk yang terakhir kali masuk justru memiliki masa kadaluarsa lebih awal. Kenapa bisa begitu ? Ulasan berikut adalah ilustrasinya.

Anggaplah contoh minuman dalam kemasan memiliki kadaluarsa bulan Januari 2010 dan tiba di gudang bulan ini. Sesuai dengan lancarnya permintaan, produk tersebut didistribusikan ke gudang-gudang cabang di seluruh pelosok tanah air bahkan sudah sampai juga ke pedagang eceran. Seiring berjalannya waktu, persaingan minuman dalam kemasan cukup tinggi. Akibatnya penjualan di daerah sulewesi sangat jelek karena kalah dengan produk lokal. Karena masa kadaluarsa sudah semakin dekat, tentunya sangat disayangkan jika minuman tersebut dibiarkan tidak bergerak dan habis masa kedaluarsanya di sulawesi.

Kebetulan disaat yang sama penjualan di Jakarta lebih baik, sehingga perlu dipertimbangkan minuman tersebut ditarik kembali ke gudang di jakarta. Padahal gudang di Jakarta saat ini sudah menyimpan produk minuman dengan masa kadaluarsa Januari 2012. Alhasil produk yang terakhir masuk di gudang Jakarta saat ini adalah produk yang akan expired pada tahun 2010. Dengan kondisi seperti ini, maka produk yang diprioritaskan untuk keluar gudang terlebih dahulu adalah yang memiliki masa kadaluarsa paling dekat.


Aplikasi WMS (Warehouse Management System) yang sudah beredar saat ini sudah menunjang untuk proses FEFO (first expired – first out) ketimbang proses FIFO yang konvensional. Bahkan saat ini hampir seluruh produk akan mulai mengarah pada sistem FEFO walaupun untuk produk spare-part sekalipun. Tentu saja FEFO ini diperlukan untuk fungsi gudang yang banyak berfungsi sebagai hub keluar masuk dari berbagai sumber.

(Artikel ini disarikan dari beberapa sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s