Fenomena yang Menakjubkan

Posted: Maret 19, 2010 in Cargo Udara & Kurir

Badai Abadi – Venezuela
Fenomena unik yang terjadi di sungai Catatumbo (Venezuela). Fenomena ini dapat terjadi hampir 160 hari dalam 1 tahun, setiap harinya berlangsung 10 jam, dan setiap jam dapat terjadi 280 kali petir. Badai dapat terlihat sampai 400 km jauhnya, sehingga terkadang digunakan sebagai alat bantu navigasi visual oleh kapal yang berlayar.

badai abadi

Mammatus Clouds
Bawan yang aneh ini tidak dapat dimengerti sepenuhnya bagaimana proses terbentuknya. Beberapa orang menganggap ada kemiripan antara karakteristik bentuk awan ini dan payudara wanita.

mammatus cloud

mammatus cloud

Hujan Merah Kerala
Dari 25 Juli – 23 September, 2001, hujan merah secara sporadis turun di bagian selatan negara bagian Kerala India. Hujan ini terkadang berwarna hijau, kuning bahkan hitam. Warna ini muncul diakibatkan karena adanya spora ganggang yang terbawa oleh angin pada saat pembentukan hujan.

red rain

Aurora Borealis
Aurora Borealis adalah partikel yang bermuatan listrik dari matahari dan telah mencapai bagian teratas atmosfir bumi serta menjadi sangat aktif. Aurora biasanya sering terlihat di daerah dekat kutub dan pada waktu dimana siang dan malam sama panjang.

aurora

aurora

Noctilucent Cloud
Adalah awan yang sangat tinggi secara atmosfir yang membiaskan cahaya pada senja ketika matahari telah tenggelam, menyinari langit dengan sumber cahaya yang tak tampak.

noctilucent cloud

Fatamorgana
Muncul ketika cahaya terbias dan menghasilkan gambar dari suatu object atau langit yang sebenarnya tidak ada. Fenomena ini biasanya terjadi di permukaan panas, seperti gurun pasir.

fatamorgana

Hujan Ikan
Hujan ini terjadi sekitar bulan Mei dan Juli dan biasanya, begitu hujan berhenti maka ratusan ikan akan ditemukan berada di daratan. Ikan ini kemudian dimasak dan dimakan seperti biasa. Semenjak 1998, ada festival yang dinamai “Festival de la Lluvia de Peces” (Festival Hujan Ikan), dilakukan setiap tahun di kota Yoro, Honduras.

hujan ikan

Katabatic Winds
Angin yang membawa udara padat dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah karena gravitasi. Katabatic winds dikenal secara lokal sebagai santa ana (california selatan), mistral (mediterania), Bora (laut adriatic) Oroshi (jepang), Pitaraq(greenland), dan wailliwaw (tierra del fuego).

katabatic wind

Ombak Terpanjang di Dunia
Antara Februari & Maret, air dari Samudra Atlantik akan menuju sungai Amazon(Brazil) dan membentuk ombak terpanjang di dunia. Fenomena yang disebut Pororoca ini terjadi pada saat arus pasang dari Samudra Atlantik bertemu di mulut sungai.

pororoca

Pelangi Api Idaho
Pelangi pada umumnya berbentuk seperti lingkaran sedangkan pelangi ini terbentuk pada saat matahari berada di posisi tinggi, lebih tinggi dari 58 derajat dari garis horizon. Ketika cahaya melewati awan cirrus yang tinggi, terkadang awan ini akan dapat menampilkan proses pemecahan cahaya yang membentuk fenomena yang mirip dengan pelangi.

Pelangi api

Moonbows
Pelangi ini terjadi karena matahari bersinar pada tetesan-tetesan air embun, biasanya terjadi pada atmosfir setelah hujan. Moonbow lebih jarang terjadi, hanya dapat dilihat pada malam hari ketika bulan ada pada titik rendah pada saat bulan purnama sampai hampir purnama. Satu tempat popular untuk melihat Moonbow adalah di air terjun Cumberland di kentucky AS.

moonbows

Kambing Pemanjat
Fenomena ini tidak akan anda dapat anda temukan di daerah lain, kecuali Maroko. Kambing-kambing ini memanjat pohon karena mereka menyukai buah pohon Argan yang mirip dengan Zaitun.

kambing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s