Eksotisme Puncak Tertinggi Dunia

Posted: April 2, 2010 in Cargo Udara & Kurir

1. Mount Everest (8.848 meter)

Gunung Everest juga disebut Qomolangma / Chomolungma (Tibetian) dan Sagarmatha (Nepal). Chomolungma di Tibetian berarti “Bunda Semesta” atau “Dewi Ibu dari salju” dan Sagarmatha dalam bahasa Nepal berarti “Kepala Sky”

Gunung tertinggi di Bumi di atas permukaan laut, dan titik tertinggi di benua kerak bumi, yang diukur dengan ketinggian di atas permukaan laut dari puncak, 8.848 meter (29.029 kaki). Gunung, yang merupakan bagian dari rentang Himalaya di Asia, terletak di perbatasan antara Sagarmatha Zone, Nepal, dan Tibet, Cina.

Gunung tertinggi ini menarik pendaki gunung berpengalaman serta pendaki pemula yang bersedia membayar jumlah besar pemandu gunung profesional untuk menyelesaikan pendakian yang sukses. Gunung, sementara tidak berpose substansial kesulitan teknis pendakian di rute standar (delapan thousanders lain seperti Nanga Parbat K2 atau jauh lebih sulit), masih memiliki banyak bahaya yang melekat seperti penyakit ketinggian, cuaca dan angin. Pada akhir musim mendaki 2008, telah terjadi 4.102 ascents ke puncak sekitar 2.700 orang. Climbers adalah sumber yang signifikan dari pendapatan pariwisata Nepal, juga pemerintah yang mengharuskan semua calon pendaki untuk memperoleh ijin yang mahal, biaya US $ 25.000 per orang. Pada akhir 2009 telah mengklaim Everest 216 nyawa, termasuk delapan yang tewas selama badai tahun 1996 di gunung tinggi. Kondisi sangat sulit di zona kematian bahwa sebagian besar mayat telah ditinggalkan di mana mereka jatuh. Beberapa dari mereka dapat terlihat dari rute pendakian standar.

Quote:
Spoiler for mount everest:



2. K2 (8.611 meter)

K2 adalah gunung tertinggi kedua di Bumi (setelah Gunung Everest). Dengan puncak ketinggian 8.611 meter (28.251 kaki), K2 adalah bagian dari Karakoram jangkauan, dan terletak di perbatasan antara Tajik Taxkorgan County Otonomi Xinjiang, Cina dan Gilgit, Gilgit-Baltistan di Pakistan.

K2 dikenal sebagai Gunung Savage karena kesulitan pendakian dan tingkat dua kematian tertinggi di antara ‘delapan thousanders’ bagi mereka yang mendaki itu. Untuk setiap empat orang yang telah mencapai puncak, satu telah meninggal berusaha. Tidak seperti Annapurna, gunung dengan tingkat kematian tertinggi, K2 tidak pernah didaki di musim dingin.

Quote:
Spoiler for K2:



3. Kangchenjunga (8.586 meter)

Hingga 1852, Kangchenjunga diasumsikan gunung tertinggi di dunia, tetapi perhitungan yang dibuat oleh trigonometri Besar Inggris Survey pada tahun 1849 sampai pada kesimpulan bahwa Gunung Everest (dikenal sebagai Peak XV pada saat itu) adalah yang tertinggi dan Kangchenjunga ketiga tertinggi. Kangchenjunga pertama kali naik pada 25 Mei 1955 oleh Joe Brown dan George Band dari ekspedisi Inggris. Ekspedisi Inggris dihormati keyakinan dari Sikkim, yang memegang puncak suci, dengan menghentikan beberapa kaki pendek puncak yang sebenarnya. Paling sukses partai puncak sejak itu telah mengikuti tradisi ini.

Kangchenjunga merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia (setelah Gunung Everest dan K2), dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Diterjemahkan Kangchenjunga berarti “Lima perbendaharaan salju”, karena mengandung lima puncak, empat di antaranya di atas 8.450 meter. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa limbu lokal, diterjemahkan sebagai ‘Gunung yang kami tawarkan Salam untuk’. Kanchenjunga atau Sewalungma dianggap suci dalam agama Kirant.

Quote:
Spoiler for Kangchenjunga:






4. Lhotse (8.516 meter)

Lhotse paling dikenal dengan kedekatannya dengan Gunung Everest dan fakta bahwa pendaki mendaki rute standar pada puncak meluangkan waktu pada wajah sebelah barat laut; lihat di bawah. Bahkan Lhotse memiliki keunggulan topografi nilai terkecil dari setiap delapan thousander resmi, karena hanya naik 610 m (2.000 kaki) di atas Kolonel Selatan Oleh karena itu sering dianggap sebagai delapan thousander kecil.

Namun, Lhotse adalah puncak yang dramatis di dalam dirinya sendiri, karena wajah selatan yang luar biasa. Ini meningkat 3.2 km (2.0 mil) hanya 2,25 km (1.4 mil) dari jarak horisontal, sehingga wajah yang curam ukuran ini di dunia. Wajah selatan telah menjadi ajang dari banyak usaha yang gagal, beberapa korban jiwa terkenal, dan sangat sedikit ascents (salah satu dari mereka, oleh Tomo Česen, belum diverifikasi).

Quote:
Spoiler for lhotse:


5. Makalu (7.804 meter)

Makalu adalah gunung tertinggi ke lima di dunia dan terletak 22 km (14 mil) timur Gunung Everest, di perbatasan antara Nepal dan Cina. Satu dari delapan-thousanders, Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya adalah piramid bersisi empat.

Makalu memiliki dua anak puncak gunung. Kangchungtse, atau Makalu II, 7.678 m (25.190 kaki), terletak sekitar 3 km (2 mi) utara-barat laut puncak utama. Meningkat sekitar 5 km (3.1 mil) utara-timur laut dari puncak utama di dataran tinggi yang luas, dan terhubung ke Kangchungtse oleh sempit, 7,200 m pelana, adalah Chomo Lonzo, 7.804 m (25.604 ft).

Quote:


Spoiler for makalu:




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s