Makanan yang Penting Untuk Wanita Yang Berencana Hamil

Posted: April 6, 2010 in Cargo Udara & Kurir
Tag:,

Setiap asupan yang Anda masukkan ke dalam tubuh akan mempengaruhi darah, sel tubuh, juga hormon. Karenanya, penting untuk Anda yang berencana hamil untuk mengatur asupan makanannya agar tubuh Anda tetap optimal. Dr. Jorge E. Chavarro dan Dr. Walter Willett dari Harvard School of Public Health, dalam bukunya yang berjudul The Fertility Diet menganjurkan agar para wanita yang berencana untuk hamil memastikan agar ia tidak lupa mengkonsumsi beberapa nutrisi khusus.

Penelitian mereka mengatakan, bahwa ada beberapa nutrisi yang sebaiknya dikonsumi wanita yang berencana hamil karena nutrisi-nutrisi tersebut merupakan cara alami untuk mendorong ovulasi dan menambah kemungkinan si wanita untuk hamil. Chavarro dan koleganya meneliti pola makan dan gaya hidup sebanyak 17.544 wanita yang berusaha untuk hamil, namun tak memiliki riwayat keluarga ketidaksuburan. Berikut adalah beberapa nutrisi yang mereka anggap baik untuk wanita yang berencana hamil:

Lemak Tak Jenuh
Disarankan untuk mengkonsumsi lemak tak jenuh ketimbang lemak trans. Lemak jenis ini bisa diperoleh dari minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan yang baik untuk tubuh. Hindari lemak trans yang biasanya terdapat pada makanan goreng-gorengan. Lemak trans bisa merugikan jalannya hormon insulin yang bisa mengganggu kesuburan wanita.

Protein Pendorong Kesuburan
Protein dari makanan baik untuk membantu membangun otot. Wanita yang berusaha untuk hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan protein mereka dari nabati ketimbang dari protein hewani. Wanita yang berencana untuk hamil sebaiknya mengurangi asupan daging merah, kalkun, maupun daging prosesan karena bisa mengandung nitrat dalam jumlah yang tak aman, dan bisa menyebabkan infeksi. Disarankan untuk menghindari juga daging mentah maupun daging asap.

Whole Grains
Dengan mengkonsumsi karbohidrat yang lamban dicerna lambung, seperti oatmeal, dan makanan tinggi serat lainnya, seperti kacang-kacangan, wanita bisa menambah kemungkinan kesuburannya. Namun, hindari roti-rotian, makanan karbohidrat prosesan, soda manis, karena bisa menurunkan tingkat kesuburan wanita, selain itu, makanan-makanan itu juga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Susu
Ketika Anda berencana untuk hamil, amat disarankan untuk menambah asupan susu tinggi lemak, misal keju dan yogurt. Tipe makanan seperti ini juga kaya akan protein yang membantu meningkatkan kekuatan tulang, kulit, dan rambut.

Asam Folat
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat membantu seseorang untuk meningkatkan kesuburannya. Makanan yang kaya akan tingkat asam folatnya antara lain; kacang-kacangan, whole grain, buah sitrus, dan sayuran berdaun hijau. Mengkonsumsi vitamin pranatal yang mengandung asam folat setidaknya 400 mikrogram juga bisa membantu mengurangi kemungkinan kelainan pada kehamilan.

Sumber: modernmom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s