Asem Kawak Atasi Batuk dan Serak

Posted: April 8, 2010 in Cargo Udara & Kurir
Tag:, ,

Tumbuh-tumbuhan di sekitar kita banyak sekali memberikan manfaat. Manfaat paling utama adalah sebagai penghasil oksigen. Bayangkan saja jika kita hidup tanpa mereka. Apa jadinya kita tanpa mereka? Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari tumbuhan adalah sebagai obat. Tidak sedikit tanaman yang kita jumpai sehari-hari yang sebenarnya bisa digunakan sebagai obat, entah itu dikonsumsi langsung ataupun diolah terlebih dahulu, contohnya asem.

Asem pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan, misalnya sebagai bahan untuk sayur asam. Tetapi sekarang kita tidak membahas tentang masakan. Yang dibahas dalam tulisan ini ialah manfaat asem untuk pengobatan. Asem yang digunakan adalah asem jawa atau dikenal juga dengan sebutan asem kawak (Tamarindus Indica).  Asem jawa dapat digunakan untuk menyembuhkan asma, batuk demam, reumatik, batuk dan lain-lain.

Di cirebon biasanya asem kawak digunakan untuk obat batuk atau serak. Terutama di kalangan masyarak pedesaan yang masih tetap melestarikan tradisi. Sementara di kota sudah jarang sekali yang menggunakannya untuk obat. Untuk mengobati batuk atau serak, yang diperlukan adalah asem kawak dan gula merah masing-masing 2 ruas jari orang dewasa serta air panas/hangat. Cara pembuatannya sangat mudah. Masukkan asem kawak dan gula merah ke dalam air panas sebanyak seperempat atau setengah gelas. Aduk sampai air keruh berwarna coklat hitam, lalu saring. Kemudian minum air yang sudah disaring tadi (tidak berampas). Agar didapatkan hasil yang maksimal, minumlah sebanyak 2 kali sehari (pagi dan sore), serta dilakukan setiap hari hingga sembuh. Untuk mempercepat proses penyembuhan diharapkan untuk tidak memakan makanan pedas, es, ataupun makanan atau minuman lain yang bisa menghambat proses penyembuhan. Namun, bila batuk tidak kunjung sembuh dalam waktu beberapa hari, segera hubungi dokter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s