Kabel Internet Bawah Laut

Posted: April 18, 2010 in Cargo Udara & Kurir

Menurut wikipedia, “a submarine communications cable is a cable laid beneath the sea to carry telecommunications between countries.” atau kalo di terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Kabel komunikasi bawah laut adalah kabel yang diletakkan di bawah laut untuk menghubungkan telekomunikasi antar negara-negara.

Sejarahnya

Menurut wikipedia, Komunikasi kabel bawah laut pertama membawa data telegrafi. Generasi berikutnya membawa komunikasi telepon, dan kemudian data komunikasi. Seluruh kabel modern menggunakan teknologi optik fiber untuuk membawa data digital, yang kemudian juga untuk membawa data telepon, internet, dan juga data pribadi.
Operator telekomunikasi di Indonesia pada era 1990-an sudah menggunakan kabel laut untuk menghubungkan pulau-pulau di Nusantara. Penggunaan kabel laut serat optik memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan Digital Micro wave (Radio Terrestrial) yang memiliki keterbatasan pada bandwidth, sehingga trend kedepan penggunaan kabel serat optik akan semakin banyak baik di darat maupun di laut. Penggelaran kabel laut dilakukan oleh kapal kabel (Cableship) yang dirancang khusus untuk menggelar kabel laut, Cableship memiliki keistimewaan, karena tidak dapat menggelar pada lokasi air dangkal, sehingga untuk area air dangkal (Shore End) biasanya menggunakan Barge Cable, yang mampu sampai pada ke dalam air 1 meter.
Sejak 2003, kabel bawah laut telah menghubungkan seluruh benua dunia kecuali Antarktika.

Kabelnya kayak apa ?

A cross section of a submarine communications cable.
1 – Polyethylene
2 – Mylar tape
3 – Stranded steel wires
4 – Aluminium water barrier
5 – Polycarbonate

6 – Copper or aluminium tube
7 – Petroleum jelly
8 – Optical fibers

Cara instalasinya bagemana sih gan?

Cara instalasinya, sumber langsung, silaken di simak, tapi mohon maap tulisan pake bahasa sendiri, biar lebih bisa di mengerti

Spoiler for instalasi:

Quote:

ini dia kapal instalasi kabel laut dan jeroannya

Spoiler for instalasi:

Quote:

Planningnya sih kyk gini

Spoiler for instalasi:

Quote:

Ini dia alatnya

Spoiler for instalasi:

Quote:

siap di turunkan

Spoiler for instalasi:
Quote:

under the sea

Spoiler for instalasi:
Quote:

robot siap menginstalasi

Spoiler for instalasi:
Quote:

di monitor dari kapal

Spoiler for instalasi:

Quote:

teknisi di tepi pantai

Spoiler for instalasi:
Quote:

Jadi deh

Gimana instalasinya aga ribet yah

Update

Tambahan gambar dari kaskuser, tribute to kk freakyfeakry

Spoiler for instalasi kabel:

tumpukan kabel
Spoiler for instalasi kabel:
saat di daratan

Spoiler for instalasi kabel:
alat pembajak untuk menanam kabel laut
Spoiler for instalasi kabel:

pengontrolnya

Kesimpulan

Nah, karena adanya kabel komunikasi bawah laut ini kita bisa berinternet ria antar negara, sungguh kemajuan teknologi yang membuat jendela informasi kita terbuka lebar.

Sumber : http://kask.us/3880498

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s