Hujan Meteor Lyrids Warnai Langit Malam Indonesia.

Posted: Mei 2, 2010 in Tak Berkategori

Hujan Meteor Lyrids Warnai Langit Malam Indonesia. Waw sungguh indah fenomena alam Hujan Meteor Lyrids yang terjadi mulai pada malam hari ini sampai dengan tanggal 26 April 2010, ini bukanlah fenomena yang biasa tapi cukup bisa di bilang luar biasa karena terjadinya tidak setiap bulan hanya akan terjadi tahunan saja. Semestinya di indonesia kejadian dari salah satu kekuasaan Tuhan selain keberadaan Sungai di Bawah Laut Mexico dapat di lihat pada langit indonesia lepas tengah malam ini, namun sayang sekali pada malam ini saya lihat langit di bandung cukup gelap karena terjadi turun hujan air mulai sore tadi.

Kalau menurut dari peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional(Lapan) bernama Thomas Djamaluddin, puncak indah nya Hujan Meteor Lyrids akan terjadi pada tanggal 21-22 April 2010 kita bisa dapati jika memang memungkinkan bakalan ada sekitar 10 meteor yang melintas indah di atas langit malam setiap jam nya. Waaah pengen lihat nih mudah-mudahan saja langit malam di bandung pada puncak hujan meteor tersebut tidak mendung, siapa tahu kan bisa melihat dengan jelas fenomena alam ini.

hujan-meteor-lyrids

hujan-meteor-lyrids

Thomas Djamaluddin mengatakan, “Biasanya pada saat-saat tertentu terjadi lonjakan meteor, tapi tahun ini normal,” coba yah tahun ini ada kenaikan jumlah meteor yang terlihat, pasti akan lebih banyak yang muncul di setiap jam nya. Penemuan Meteor dari komet Tatcher tersebut mulai di ketahui dan di teliti sejak 2600 tahun lalu, wiw ane belum di rencakan untuk dilahirkan tuh kayaknya. heheh

Jika menurut para peneliti Lapan Indonesia, hujan meteor tahunan yang dapat terlihat tahun 2010 ini bisa kita lihat dengan posisi di dekat rasi Lyra, letaknya di antara horison hingga atas langit sebelah timur laut. Dengan kondisi sudah mulai memasuki musim kemarau dan hujan juga sudah mulai berkurang(waah di bandung masih sering hujan tapi) hujan meteor lyrids ini dapat dilihat tanpa terhalang oleh awan, ya jika tidak mendung atau akan turun hujan. Kira-kira kita bisa melihat nya mulai pukul 01:00 selepas tengah malam sampai menjelang subuh deh pokoknya.

Fenomena dari Hujan Meteor tahun 2010 ini dapat dilihat dengan cukup jelas sekali di kawasan bumi di belahan utara, mungkin di indonesia yang berada di daerah Garis Khatulistiwa dan posisi terjadi nya fenomena tahunan ini berada di horison maka agak sulit terlihat namun tetap bisa terlihat walau agak terhalang oleh pepohonan, begitu deh kira-kira ungkap salah satu astronom dari Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar.

Menurut para peneliti atau astronom yang memperhatikan kejadian alam ini yang terjadi setiap 415 tahun dekat bumi merupakan kejadian yang sudah biasa, tetap saja bagi orang awam seperti saya ini merupakan sebuah kejadian yang cukup luar biasa siapa tahu bisa minta Clara Adelin Supit ketika meteor tersebut melintas diatas langit malam(hahahah).

Hujan meteor tahunan ini terjadi akibat lapisan es pada komet mencair ketika lintasan orbit nya mendekati matahari, partikel debu, es, batu yang dihasilkan komet tersebut terbakar di atmosfir sebelum jatuh ke bumi. Menurut Evan, tahun 2010 ini ada 11 hujan meteor yang besar termasuk Lyrids. Setiap tahun, bumi disiram sekitar 25 ribu ton debu angkasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s