Binatang yg Berpenglihatan Istimewa

Posted: Mei 11, 2010 in Tak Berkategori
Tag:

Owls

Seperti banyak predator, burung hantu memiliki mata di depan wajah mereka, sehingga mereka memberi persepsi mendalam yang sangat baik selama ekspedisi berburu mereka, terutama dalam kondisi cahaya rendah. Menariknya, meskipun bermata besar dan berrongganya juga hampir tak bisa bergerak. Inilah sebabnya mengapa burung hantu bisa memutar kepalanya sejauh ini.

Geckos

Tokek Nocturnal mampu memblokir matahari pada hari yang cerah, namun masih mempertahankan suatu penglihatan dimalam hari yang sangat baik. Itulah sebabnya mereka telah lama memiliki mata zigzag vertikal, dapat membatasi hanya pada titik-titik cahaya. Menariknya, sementara manusia tidak bisa melihat warna dalam remang-remang cahaya bulan, binatang ini dapat membedakan antara warna dan mata mereka hampir 350 kali lebih kuat, ketika datang untuk melihat warna.

Gharials

Gharials hampir mirip fosil makhluk hidup kuno. Namun demikian, mereka memiliki mata yg sangat baik yg terletak sedemikian rupa, sehingga mereka dapat menjaga hampir semua kepala mereka di bawah air dan untuk melihat keluar untuk mencari mangsa. Mata mereka juga dirancang untuk penglihatan malam hari, sebagai struktur, seperti cermin tipis, mata mereka membantu memantulkan cahaya yang tidak sudah diserap oleh mata kembali ke matanya untuk kedua kalinya. Ketika lampu disorot ke mata mereka, mata mereka akan memantulkan cahaya begitu terang terlihat seperti cahaya yg disorotkan.

Hippos

Hippos dapat melihat di bawah air dengan presisi sangat baik, tapi fakta yang benar-benar menarik tentang mata mereka adalah lapisan membran yang jelas yang melindungi mereka dari kotoran yang ditemukan di bawah air. Anda dapat melihat dalam gambar.

Chameleons

Bunglon adalah salah satu hewan dengan mata yang paling unik di dunia. Mereka tidak punya kelopak mata atas dan bawah, tetapi memiliki kerucut dengan lubang kecil cukup besar untuk pupil mereka. Setiap kerucut dapat dimainkan secara terpisah dan bunglon benar-benar dapat melihat dua hal yang terpisah dalam arah yang sama sekali berbeda pada saat yang sama. Keuntungan dari visual ini membuat mereka sangat mahir berburu serangga, termasuk serangga yang terbang.

Butterflies

Seperti kebanyakan serangga, kupu-kupu memiliki mata majemuk, terbuat dari ratusan mikroskopis, enam sisi lensa yang memungkinkan mereka untuk melihat ke segala arah secara bersamaan. Mata nya digunakan dalam fokus yang tajam, kupu-kupu dapat melihat sinar ultraviolet, yang oleh manusia tak terlihat. Aspek ini membantu mereka untuk mencari nektar pada bunga.

Goats

Pupil persegi pada kambing menarik perhatian banyak, tetapi mereka tidak hanya tampak cantik. Pipil yg lebar memungkinkan binatang ini untuk melihat pada sudut 330 derajat, dibandingkan dengan manusia yang umumnya melihat sekitar 185 derajat.

Frogs

Kodok terkenal karena mata yang besar, tetapi hanya sedikit orang tahu mengapa mata mereka menonjol keluar. Mata mereka dapat untuk membantu mereka lihat di atas permukaan sementara mereka terendam. Ketika mereka menutup mata mereka, mereka menarik mereka kembali ke tempat mereka dilindungi oleh kelopak mata, memiliki kelopak tertutup dan tipis, juga membran transparan.

Cuttlefish

Beberapa mata paling maju di dunia hewan adalah milik cumi. Mereka aneh, memiliki pupil berbentuk-W, tidak dapat menerapkan warna, tetapi dapat melihat polarisasi cahaya, yang memungkinkan mereka untuk melihat kontras, bahkan dalam cahaya redup. Selain itu, sensor internal dalam mata mereka memungkinkan, untuk mengamati hal-hal di depan mereka dan di belakang mereka pada saat yang sama.

Huskies

Mata dari Siberian Husky adalah biru-es, biru tua, kuning, atau coklat. Dalam beberapa anjing individu, satu mata mungkin coklat dan biru lainnya, atau campuran dari dua yang menarik. Memiliki fungsi untuk melihat dalam kecepatan tinggi.

Eagle

Mata elang memiliki sudut penglihatan 300 derajat dan dapat memperbesar bayangan sekitar enam hingga delapan kali. Elang dapat melihat tanah seluas 30.000 hektar ketika terbang pada ketinggian 4.500 meter. Ia juga dapat dengan mudah melihat seekor kelinci yang bersembunyi di antara sela-sela rumput pada ketinggian 1.500 meter.

Diptera

Lalat sangat mengandalkan penglihatan untuk bertahan hidup. Mata majemuk lalat terdiri atas ribuan lensa dan sangat peka terhadap gerakan. Beberapa jenis lalat memiliki penglihatan tiga dimensi yang akurat. Beberapa jenis lalat lain, misalnya Ormia ochracea, memiliki organ pendengaran yang sangat canggih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s