Pertingnya Arti Sebuah Nama

Posted: Januari 8, 2011 in Tak Berkategori
Tag:

Rose,kata orag Inggris,mawar kata kita, rozen kata Belanda atau rooslein kata si Jerman.Benarkah sama harumnya meskipun sebutannya berbeda? Ya….iyalah…,asal yang membaui itu tidak lagi pilek! Jadi sebenarnya penting enggak sih sebuah nama itu? Tentu saja penting karena nama menjadi pembeda antar seseorang dengan orang lain. Lha kalau kebetulan namanya sama? Biasanya orang memberi identitas tambahhan agar jelas yang dituju siapa.Pemberi nama yang pertama adalah si orang tua,entah kandung, angkat atau yang menemukan si bayi.

Bagaimana seseorang memberi nama kepada anaknya, tentu terserah dia, yang menurutnya baik.Memang salah satu kewajiban dari orang tua terhadap anaknya adalah memberi nama yang baik.Nama yang baik itu nama yang seperti apa? Nama yang baik itu yang mengandung arti yang jelas. Apakah harus dari kitab suci? Ya itu sih baik-baik saja sepanjang kita tahu arti kata yang diambil dari kitab suci itu. Misalnya kita ambil nama dar al-Qur’an. Didalam al Qur’an terdapat ribuat kata, ambil yang arti katanya bagus. Jangan ambil kata “jahanam”. Meskipun kata itu ada dalam al Qur’an tetapi artinya jelek! begitu juga ketika mendapat anak perempuan yang molek, ayu, ya jangan diberi nama Ayu Hal Kafirun…..!
Kalau kita perhatikan pemberian nama kepada anak ternyata dilatar belakangi oleh beberapa hal.
* Penggabungan antara nama kedua orang tua, seperti nama ibunya Karyati, nama Bapak Ridwan, anaknya jadi Karyawan.Nama bapak Gunawan,nama ibu Sugiyarti. Jadilah Gunarti dan sebagainya.

* Berdasarkan peristiwa penting atau sejarah. Si Wawan, lahir pada tanggal 10 November, maka diberi nama Hari Pahlawan, sementara si Heri yang lahir pada tanggal yang sama diberi nama Harpahri!

* Berdasarkan tanggal. weton , bulan , zodiak, muncullah nama-nama seperti Dude karena lahirnya dua Desember, Intan Mulida karena lahir bulan Maulud,Yuliaynto Ramadhani karena lahir bulan Yuli,Ramadhan.Ponimin karena wetonnya Pon atau Painah karena wetonnya Paing. Nama-nama berdasarkan weton ini sekarang sudah langka dijumpai dalam daftar hadir siswa. Kalau toh ada sudah distilir jadi bagus, seperti seorang cewek yang lahir bulan Yuli,hari Kamis Legi. Jadilah namanya YULGIta MISnawati. Anda jangan terkecoh dengan nama Mingklinov! Dia bukan keturunan Rusia tetapi karen lahir di hari MINGgu KLIwon bulan NOVember. Sementara Aries Putranto pastilah bintangnya Aries
Selain nama resmi kadang-kadang seseorang juga mempunyai nama julukan misalnya si Elok karena cantik, si Anjang karena tinggi, si Pendek karena pendek.Nama yang tidak sedap tetapi melekat mengalahkan nama asli yang akhirnya si empunya nama terpaksa menerima karena alah bisa karena biasa! Nama sesorang harus dijaga dengan sikap atau prestasi yang baik karena nama itu akan menggandeng nama orang tua, kampung, bangsa dan negara.Hayo……siapa yang tak tahu nama Bambang Pamungkas? Bambang sudah pasti anak laki-laki. Pamungkas berarti bungsu.jadi anak laki-laki yag dilahirkan itu diharapkan menjadi anak bungsu. Tetepi kalau ternyata masih ada adiknya lagi…….wah……….itu sih kuasa Tuhan. prestasinya di lapangan bola melambungkan nama bangsa, bukan?
Begitu pentingnya arti sebuah nama sehingga lahir peribahasa:
Gajah mati meninggalkan gading
Harimau mati meninggalkan belang
Manusia mati meninggalkan nama.

Lebih lanjut tentang: Pentingkah arti sebuah nama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s